> Sejarah Komputasi Modern
Komputasi berasal dari kata “compute” yang dalam bahasa Indonesia berarti “menghitung”. Maka itu komputasi erat hubungannya dengan “perhitungan”. Asal muasal komputasi dari adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Manusia purba telah mengenal perhitungan, yang bisa kita lihat dari adanya sistem berter barang pada zaman itu. Manusia purba telah bisa memperkirakan suatu barang nilainya akan sama dengan barang apa. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang.
Zaman berlalu, manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa berdigit-digit. Karena hal tersebut, manusia pun membuat alat-alat perhitungan yang bisa membantunya. Alat perhitungan yang sederhana yang masih dapat kita lihat saat ini adalah “sempoa”. Sempoa setidaknya bisa melakukan perhitungan perkalian ratusan. Perhitungan enam digit tentu susah bila dilakukan dengan manual maupun dengan alat sederhana, maka itu manusia membuat alat yang lebih canggih lagi seperti kalkulator. Kalkulator ini sedikitnya telah mengadopsi sistem komputerisasi.
Komputasi yang makin lama makin rumit karena terlalu banyaknya data-data yang dihitung, tidak dapat lagi diselesaikan dengan alat-alat biasa. Hal ini melahirkan konsep dan pemikiran baru tentang komputasi, yaitu komputasi modern. Kemudian muncullah alat yang sangat canggih, yaitu komputer. Komputer dulunya hanya dibuat untuk perhitungan yang dapat membantu pekerjaan manusia, namun seiring berjalannya waktu, komputer sekarang memiliki fungsi yang lain disamping alat menghitung. Namun jika ditelaah lebih lanjut komputer memang hanya bisa mengerti dengan angka-angka. Ini dibuktikan dengan angka-angka binary sebagai bahasa yang dapat dimengerti komputer.
> Definisi Komputasi Modern
Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuanHz), problem volume besar (paralel), modeling (NN dan GA) dan kompleksitas (menggunakan Teori Big O).
John Von Neumann
Komputer yang merupakan contoh alat komputasi modern ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya.Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. Konsep dasar arsitektur komputer modern sendiri ialah konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory.
Karakteristik Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Manfaat Komputasi Modern
Banyak manfaat yang terjadi dengan adanya komputasi modern, diantaranya adalah:
Perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manuisa dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.
Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini.
> Macam - macam komputasi Modern
Contoh alat yang dapat membantu manusia dalam konsep komputasi modern adalah:
Mobile computing merupakan kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.
Grid Computing memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.
Keuntungan dari komputasi grid adalah dua kali lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan, kedua, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.
Cloud Computing
Sebagai contoh, seorang sopir mobil tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi; atau yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini diabstraksikan dari sopir.
Komputer Biometric adalah komputer yang bekerja dengan pengukuran statistic analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk menganalisa karakteristik suatu tubuh (individu). Biometric menggambarkan pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut fisik. Terdapat banyak teknik biometric yang berbeda, diantaranya: Pembacaan sidik jari / telapak tangan, Geometri tangan, Pembacaan retina / iris, Pengenalan suara dan Dinamika tanda tangan.
Retina Scan
Demikianlah komputasi modern bermula. Alat-alat komputasi modern pun terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Komputer sebagai alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia memegang peranan yang sagat penting. Dengan komputer, manusia dapat melakukan berbagai hal, dapat membantu setiap pekerjaan manusia dalam mengolah data dan informasi. Komputasi modern merupakan suatu inovasi baru dalam bidang komputerisasi yang membuat komputer dapat bekerja lebih dari sekedar alat hitung (fungsi awal komputer), karena dengan metode komputasi modern ini komputer dapat mengerjakan pekerjaan yang lebih kompleks.
sumber :
http://rezabudiryanzah.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern-sejarahnya-dan-macam.html
http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/
Minggu, 18 Maret 2012
Rabu, 11 Januari 2012
KFC - MARKETING MIX 4P
Pemasaran atau Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Pada perusahaan KFC terdapat marketing mix 4P’s, 4P ini adalah product, price, place dan Promotion. Perusahaan KFC telah didirikan dan di beri nama Kentucky Fried Chicken. KFC juga dikenal dengan restauran cepat saji yang berbasis di Louisville Kentucky. KFC merupakan merek dan segmen operasi yang disebut sebagai “konsep of yum!” Bermerek sejak tahun 1997 ketika perusahaan turunan dari PepsiCo. Yang terutama dijual dari KFC adalah ayam yang dijual per potong, perbungkus salad dan sandwich. KFC juga menawarkan produk ayam panggang , lauk pauk dan pencuci mulut.
Marketing mix itu secara umum diterima sebagai penggunaan dan spesifikasi dari 4P’s yang menerangkan posisi strategi pada tempat penjualan.
- Produk (product)
- Harga (price)
- Tempat (place)
- Promosi (promotion)
1. Product

Produk adalah baik nyata atau layanan tidak berwujud yang diproduksi massal atau diproduksi dalam skala besar dengan volume spesifik unit. Produk tidak berwujud adalah layanan berbasis seperti industri pariwisata & industri hotel atau kode berbasis produk seperti ponsel beban dan kredit. Kemasan juga perlu dipertimbangkan. Setiap produk tunduk pada siklus hidup, termasuk fase pertumbuhan diikuti dengan periode yang akhirnya penurunan sebagai produk pendekatan kejenuhan pasar. Untuk mempertahankan daya saing di pasar, diferensiasi produk diperlukan dan merupakan salah satu strategi untuk membedakan produk dari para pesaingnya.
Produk yang dijelaskan pada perusahaan KFC merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan pada pasar untuk kepuasan yang diinginkan atau dibutuhkan. Keutaman pada perusahaan ini adalah produk penjualan ayam goreng yang ditawarkan dalam berbagai bentuk. Produk utama KFC adalah bagaimana cara penggorengan yang digoreng sesuai dengan resep asli. Dan menawarkan extra crispy yang menggunakan bumbu bawang putih serta melumuri bumbu pada ayam sebelum di goreng pada standar mesin industry dapur KFC.
Graphic segment KFC mmpunyai outlet penjualan internasional dan menjual produk sesuai kebutuhan tempat. Di india KFC focus secara geografis bagaimana customer meminta produk yang berbeda dari KFC tersebut. Di india utara ayam KFC merupakan produk utama yang dijual , sementara di selatan yang di utamakan adalah sayuran dengan banyak item yang dijual. Dalam segmentasi demografis, pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan. KFC membagi pasar berdasarkan demografi dengan cara:
- usia antara 6-65
- gender laki-laki dan perempuan
- ukuran keluarga adalah 1-2, 3-4, 5 +
- pendapatan Rp 10.000 n diatas
- gaya hidup keluarga hampir semua.
Segmentasi psikografis; membagi pasar ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau karakteristik kepribadian disebut segmentasi psikografis. KFC membagi pasar berdasarkan variabel psychographic seperti kelas sosial-atas dan kelas menengah gaya hidup yang tidak spesifik kepribadian ambisius dan otoriter pasar. Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih dua atau lebih segmen sebagai gerai KFC berada di daerah mewah dan harga terlalu tinggi (overhead biaya-sewa, AC, karyawan), sehingga KFC target kelas atas dan tengah. Target pasar tergantung ukuran dan tingkat pertumbuhan liat populasi, sumber daya perusahaan dan daya tarik struktural segmen pasar.
Psisi pasar KFC menggunakan atribut untuk positioning produk (ayam goreng) benteng produk untuk menempati tempat yang jelas, khas dan diinginkan relatif terhadap produk bersaing dalam benak target konsumen "di kfc umpan balik diambil dari pelanggan untuk mengetahui permintaan pelanggan dan kemudian perbaikan yang dibuat dalam produk”. KFC berfokus pada makanan yang murni dan segar dalam rangka menciptakan posisi yang berbeda dan jelas dalam pikiran pelanggan kfc memiliki nama merek yang kuat dan mereka memimpin pasar dalam ayam goreng.
2. Price

Harga adalah jumlah uang yang setiap pelanggan harus membayar saat membeli produk. lebih luas, harga adalah jumlah dari semua nilai-nilai yang konsumen pertukaran untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa. Faktor demografis:
· usia; pada umumnya tidak ada batas usia fokus oleh kfc. Target dan fokus pada setiap individu dalam suatu society. KFC menemukan demografis terbesar di setiap masyarakat muda.
· gender: baik laki-laki dan perempuan yang difokuskan oleh kfc, jenis kelamin tidak memainkan peran apa pun di sini.
· Ukuran rumah tangga, ini memainkan peran penting dalam faktor demografi kfc. Umumnya mereka menargetkan seluruh keluarga bukan orang tunggal. Ini menjadi alasan untuk makan keluarga mereka yang pada dasarnya item dibundel disajikan di tingkat nominal yang lebih murah.
Faktor-faktor ekonomi pendapatan
Pendapatan merupakan faktor kunci penting bagi KFC. Faktor ini yang memutuskan kelas yang akan ditargetkan. Dalam kebangkitan awal kfc mereka fokus pada kelas atas namun perlahan-lahan memperkenalkan makanan ekonomi yang menarik lebih rendah untuk kelas menengah. Perilaku konsumsi itu memperkirakan kebiasaan orang, keinginan mereka dan tidak menyukai terhadap harga produk. Lokasi geografis preferensi seperti perkotaan, semi perkotaan. Segmentasi perilaku sadar akan rasa, sadar kualitas, kelas, kombinasi produk dan kualitas. Strategi harga perusahaan ini pada pasar menggelapkan, KFC memasuki pasar global dengan menggunakan peluncuran pasar. Produk mereka adalah harga menengah tinggi dan target kepada orang-orang kelas atas. Secara bertahap mereka menetes ke bawah harga berfokus pada menengah ke bawah orang-orang kelas untuk menembus kedua sisi pasar.
Kompetisi perusahaan ini kita dapat membandingkan harga produk KFC dengan McDonald, domino dan pizza hut, jika peserta menyediakan produk yang sama pada harga yang lebih rendah maka organisasi biasanya menurunkan harga produk juga. Dalam kasus jika kfc, ayam goring merupakan titik penjualan utama dan kontrol monopoli atas pasar makanan indian cepat hanya (dengan ayam goreng, harga burger nya, fench kentang goreng dan minuman ringan) dengan hubungan dengan pesaingnya. Berbasis biaya, kfc harga produk mereka menjaga poin yang berbeda dalam tampilan. Mereka mengadopsi strategi biaya dasar harga. Harga produk termasuk pemerintah tersebut. Pajak dan bea cukai dan kemudian datang final tahap menentukan harga produk mereka. Produk yang agak tinggi harga sesuai segmen pasar dan juga sebanding dengan standar produk mereka. Dalam metode berbasis biaya kami meliputi biaya variabel dan tetap.
3. Place

Menargetkan wilayah, gratis rumah pengiriman, strategi-mereka menyediakan pengiriman gratis rumah ke kantor dan rumah (pilih kota) aksesibilitas mengakibatkan beberapa outlet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dan sekitar kota. Karena gaya hidup sibuk dengan lifestle sibuk individu kantor perginya konsep makanan cepat saji menghemat waktu mempersiapkan makanan dan memberikan pelanggan sebuah makan penuh dengan cepat, ekonomis nyaman dibanding harga ke banyak kelas masyarakat.
Target pasar;
1. a. lokasi :
Sibuk gaya hidup individu memberi mereka lebih banyak waktu di tempat kerja dan stres kurang tentang menunggu makanan.
komersialisasi pasar perkotaan dan sub-perkotaan menyebabkan lebih pertengahan sektor orang-orang yang menemukan akhir makan he sendi sangat untuk mahal.
pertengahan-secotr orang selalu mencari perubahan yang kfc menyediakan dalam jangkauan mereka makanan cepat saji.
quallity sadar-orang di daerah perkotaan lebih sadar tentang kualitas makanan dari daerah pedesaan.
daerah perkotaan yang lebih banyak penduduknya sehingga mereka membantu dengan menarik pendapatan yang lebih tinggi.
b. penempatan outlet
· Karena kfc menempatkan dirinya dekat dengan sekolah, perguruan tinggi, bioskop dan pasar yang sebagian besar dihuni oleh kaum muda dan mereka whoo sedang terburu-buru, kfc menikmati sejumlah besar langkah kaki sehari-hari. di samping itu, mereka juga memiliki outlet dekat dengan non-vegetarian (daerah-daerah berpenduduk sebagian besar muslim).
strategi; mengingat sifat kompetitif dari sendi makanan cepat saji, KFC menggunakan strategi mendorong untuk membantu mereka menciptakan, kesadaran, berbeda, menarik suara.
saluran; belivies kfc di saluran tingkat pertama dalam urutan yang diberikan di bawah ini; produsen, pengecer, konsumen.
saluran proses; kfc bekerja pada aliran teknik operasi yang baik yaitu manajer operasi yang baik-menyebabkan pendapatan tim yang baik-baik pilihan layanan-baik target-baik melalui strategi internal berikut: pelatihan, target berbasis insentif, pengakuan untuk pekerjaan yang baik, kinerja berbasis bonus, manfaat karyawan untuk menjaga mereka termotivasi.
4. Promotion

Promosi adalah metode yang digunakan untuk menginformasikan dan mendidik khalayak target yang dipilih tentang organisasi dan produk-produknya. menggunakan semua sumber daya promosi, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, peristiwa dan pengalaman, kupon, diskon dan paket dibundel, organisasi menemukan sebagian besar makna dan kelangsungan hidup melalui promosi. Di KFC, promosi adalah alat utama untuk membawa semua perhatian pecinta ayam lezat menuju satu pada ayam goreng produk semacam itu. iklan; logo dari kolonel tersenyum mungkin salah satu wajah paling dikenal di dunia dan langsung membawa gambar ayam goreng ke pikiran seseorang. KFC dan jingle perusahaan baru, "jari licinkan baik" adalah pengumuman yang sering di televisi, billboard, brosur dan radio. konsep menunjukkan pelanggan secara normal sangat terlibat dalam melahap sepotong ayam nya biasanya berubah pada pabrik air liur di mulut setiap orang dan membuat mereka terburu-buru ke kfc terdekat. di india pecinta wherechicken banyak iklan-iklan yang menampilkan berlimpah orang normal terhubung langsung dan membuat terburu-buru di outlet mereka. menggunakan metode berikut kfc speards pesannya menjilati jari ayam yang baik.
iklan; menggunakan iklan pengingat kfc merangsang pembelian ulang produk-produknya. jari lagu linkin perusahaan yang baik hanya membangunkan up call untuk konsumen untuk mengingatkan mereka bagaimana baik mereka merasa yang terakhir mereka makan kfc ayam.
sponsor adalah alat lain untuk memperkuat citra organisasi. KFC saat ini sponsor tim kriket Australia dan logo kolonel dapat dilihat pada seragam mereka sepanjang pertandingan.
promosi penjualan; kfc menggunakan alat-alat berikut ini untuk lebih meningkatkan penjualan, premi, pameran, kupon, hiburan.
Promosi penjualan; semua outlet kfc menawarkan pelanggan dengan berbagai bentuk insentif untuk membeli ayam nya. menggunakan kupon yang satu dapat memperoleh setelah menghabiskan jumlah tertentu selama periode waktu yang tetap, pelanggan dapat menikmati manfaat dari makanan gratis atau free add-ons. tambahan mereka menyediakan mealvouchers dan menawarkan menarik dalam iklan cetak mereka, yang pelanggan harus memotong dan membawa.
http://www.scribd.com/doc/19080033/Kentucky-Fried-Chicken-KFC-Marketing-Mix-four-Ps
http://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_mix
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
Rabu, 21 Desember 2011
Selasa, 08 November 2011
E-TICKET
Perkembangan pelayanan reservasi setiap perusahaan penerbangan semakin hari semakin cepat dan canggih. Demikian juga dengan masalah pelayanan pembelian tiket. Pada saat ini sudah banyak maskapai penerbangan di Indonesia mulai beralih dari tiket kertas (paper ticket) ke tiket elektronik (e-ticket). Pemakaian jasa digital service juga di gunakan oleh sebagian besar perusahaan penerbangan Indonesia.
E-ticket adalah salah satu bentuk pelayanan jasa penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat-nya dalam bepergian dengan cara cepat dan akurat. Bentuk e-ticket sangat sederhana. Apabila dibandingkan dengan bentuk tiket biasa yang seperti kupon dengan jumlah halaman lebih kurang 4 s/d 6 halaman atau tergantung kondisi tujuan penumpang yg menggunakan jasa penerbangan, semakin sering transit dan check in maka akan semkain banyak halaman-nya. Untuk e-ticket bentuk tiket hanya selembar kertas yg tertera secara lengkap mulai jadwal penerbangan, tujuan tanggal serta aturan lainnya.
Selain mudah dan ringkas dalam memprosesnya juga tercatat di data electronik di pusat perusahaan penerbangan yg kita pakai. Jadi data akan valid dan akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan e-ticket tidak usah bawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang maka bisa di print ulang dan tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Harga yg tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yg seringkali tidak terbaca tindasannya.
Bagi maskapai penerbangan sendiri, e-ticket juga memperkecil biaya pelayanan, e-ticketsehingga harga tiket juga dapat ditekan.
Untuk check in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter check-in dan menunjukkan kode booking atau kode konfirmasi. Airlines tertentu bahkan tidak membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang. Setelah reservasi telah dikonfirmasi, penumpang dapat check-in bagasi dan diberikan boardingpass.
E-ticket saat ini telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesian, Airasia, Lion Air, Citilink, Merpati Airline dan Batavia air.
E-ticket adalah salah satu bentuk pelayanan jasa penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat-nya dalam bepergian dengan cara cepat dan akurat. Bentuk e-ticket sangat sederhana. Apabila dibandingkan dengan bentuk tiket biasa yang seperti kupon dengan jumlah halaman lebih kurang 4 s/d 6 halaman atau tergantung kondisi tujuan penumpang yg menggunakan jasa penerbangan, semakin sering transit dan check in maka akan semkain banyak halaman-nya. Untuk e-ticket bentuk tiket hanya selembar kertas yg tertera secara lengkap mulai jadwal penerbangan, tujuan tanggal serta aturan lainnya.
Selain mudah dan ringkas dalam memprosesnya juga tercatat di data electronik di pusat perusahaan penerbangan yg kita pakai. Jadi data akan valid dan akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan e-ticket tidak usah bawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang maka bisa di print ulang dan tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Harga yg tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yg seringkali tidak terbaca tindasannya.
Bagi maskapai penerbangan sendiri, e-ticket juga memperkecil biaya pelayanan, e-ticketsehingga harga tiket juga dapat ditekan.
Untuk check in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter check-in dan menunjukkan kode booking atau kode konfirmasi. Airlines tertentu bahkan tidak membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang. Setelah reservasi telah dikonfirmasi, penumpang dapat check-in bagasi dan diberikan boardingpass.
E-ticket saat ini telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesian, Airasia, Lion Air, Citilink, Merpati Airline dan Batavia air.
Sabtu, 15 Oktober 2011
MY HOBBY


Hobi saya adalah mengoleksi komik, hobi ini berawal pada kesukaan saya menonton film kartun dan menggambar berbagai tokoh - tokoh kartun seperti doraemon, dragon ball, sailor moon, dan masih banyak lagi. Buku - buku komik yang saya koleksi jumlahnya kurang lebih ada 500 buku. Bagi saya, dengan membaca komik bisa menghilangkan stress dan bisa lebih banyak berlatih menggambar. Saya sendiri lebih suka mengumpulkan komik serial cantik dan komik yang ceritanya lucu. Saya sudah banyak mengoleksi berbagai judul komik seperti Parfait Tic, Doraemon, Ingenuo, Harlem Beat, Nakayoshi, Death Note, The Prince of Tennis, Detective Kindaichi, Salad Days dan masih banyak lagi.
Peluang usaha dari hobi saya ini adalah, menyewakan berbagai judul komik kepada orang lain, dan dari keuntungan menyewakan komik tersebut, saya bisa membeli komik - komik baru lagi. ^_^
Jumat, 14 Oktober 2011
Tanggung Jawab Sosial PT. Unilever Terhadap Lingkungan dan Konsumennya
Unilever tahun ini menambah area kampanye kesehatan dalam rangka mengemban tanggung jawab sosial kepada lingkungan. Setelah tahun lalu kampanye air bersih di NTT dan edukasi tentang cuci tangan berhasil, tahun ini daerah kampanye diperluas hingga ke Sumatera Barat. Penjualan sabun lifebuoy meningkat berkat brand cuci tangan dan kampanye kesehatan, dan saat ini, Lifebuoy menguasai pasar sabun hinga 23%. Untuk program sebelumnya, Lifeboy mengeluarkan dana sebesar Rp 100 juta kepada warga Nusa Tenggara Timur (NTT). Uang itu untuk edukasi, pembelian alat, kesehatan dan buku-buku di 8304 unit posyandu. Saat ini Unilever memegang pangsa pasar tertinggi khusus untuk pasar sabun. Produk-produk yang beredar dipasar lebih dari 10 produk. Agar merek kian terbentuk, saat ini Unilever memperluas jangkauan ke daerah lain. Masyarakat yang berpartisipasi pada kampanye biasanya juga tertarik membeli sabun Lifebuoy. Sedangkan tanggung jawab sosial kepada konsumennya, PT. Unilever terus berupaya untuk memberikan kontribusi dalam pencapaian kualitas hidup yang lebih baik dengan selalu menciptakan produk - produk baru yang berkualitas bagi konsumennya.
Perekrutan Tenaga Kerja dan Peningkatan SDM PT. Unilever
Bagi PT. Unilever, karyawannya merupakan aset terpenting bagi perusahaan. Di bidang Sumber daya Manusia (SDM), perusahaan sendiri akan mengadakan pengembangan potensi masing-masing individu, pembinaan tim, suksesi dalam perencanaan, pengembangan potensi masing-masing individu, pembinaan tim, suksesi dalam perencanaan, pengembangan model-model manajemen yang tepat guna, kepemimpinan dan memotivasi karyawan agar mereka mempunyai komitmen terhadap semua tujuan Unilever serta tujuan mereka sendiri terkait dengan efektivitas organisasi.
PT. Unilever Indonesia sendiri telah mengadakan perekrutan tenaga kerja. Unilever Indonesia berdiri sejak 5 Desember 1933 dan telah berkembang menjadi perusahaan terkemuka Home dan Personal Care serta Foods dan produk Ice Cream di Indonesia. Portofolio Unilever Indonesia mencakup banyak merek dunia paling dikenal dan dicintai, seperti Pepsodent, yang Pond, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall, Blue Band, Royco, Bango dan banyak lagi.
Unilever Indonesia memiliki enam pabrik di Jababeka Industrial Estate, Cikarang, Bekasi dan dua pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produknya terdiri dari sekitar 32 merek kunci dan 700 SKU yang dijual melalui jaringan distributor independen sekitar 370 mencakup ratusan ribu outlet di seluruh Indonesia. Produk didistribusikan melalui pusat distribusi sentral sendiri, gudang satelit, depot dan fasilitas lainnya.
Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia barang konsumen, Unilever Indonesia menawarkan orang-orang dengan bakat, semangat dan integritas sesuatu karir terbaik di dunia.
Sekretaris - Samarinda (Referensi: SDC-2011-Sec Samarinda)
Lokasi: Samarinda | Closing date: 7 September 2011
Asisten Brand Manager (Referensi: SDC-2011-VII-ABM)
Lokasi: Jakarta | Tanggal penutupan: 2 Oktober 2011
Asisten Manajer Proses Pengembangan (Referensi: SDC-2011-VIII-Proses)
Lokasi: Rungkut Surabaya | Closing date: 3 Oktober 2011
Asst. Rekayasa Listrik (Referensi: 2011-SDC-VIII-AEE)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst. Teknik Mesin Manager (Referensi: 2011-SDC-VIII-AME)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst. Planner Manager (Referensi: 2011-SDC-VIII-APM)
Lokasi: Jakarta / Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst Mgr SU Keuangan (Referensi: 2011-SDC-VIII-AFM)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
PT. Unilever Indonesia sendiri telah mengadakan perekrutan tenaga kerja. Unilever Indonesia berdiri sejak 5 Desember 1933 dan telah berkembang menjadi perusahaan terkemuka Home dan Personal Care serta Foods dan produk Ice Cream di Indonesia. Portofolio Unilever Indonesia mencakup banyak merek dunia paling dikenal dan dicintai, seperti Pepsodent, yang Pond, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall, Blue Band, Royco, Bango dan banyak lagi.
Unilever Indonesia memiliki enam pabrik di Jababeka Industrial Estate, Cikarang, Bekasi dan dua pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produknya terdiri dari sekitar 32 merek kunci dan 700 SKU yang dijual melalui jaringan distributor independen sekitar 370 mencakup ratusan ribu outlet di seluruh Indonesia. Produk didistribusikan melalui pusat distribusi sentral sendiri, gudang satelit, depot dan fasilitas lainnya.
Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia barang konsumen, Unilever Indonesia menawarkan orang-orang dengan bakat, semangat dan integritas sesuatu karir terbaik di dunia.
Sekretaris - Samarinda (Referensi: SDC-2011-Sec Samarinda)
Lokasi: Samarinda | Closing date: 7 September 2011
Asisten Brand Manager (Referensi: SDC-2011-VII-ABM)
Lokasi: Jakarta | Tanggal penutupan: 2 Oktober 2011
Asisten Manajer Proses Pengembangan (Referensi: SDC-2011-VIII-Proses)
Lokasi: Rungkut Surabaya | Closing date: 3 Oktober 2011
Asst. Rekayasa Listrik (Referensi: 2011-SDC-VIII-AEE)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst. Teknik Mesin Manager (Referensi: 2011-SDC-VIII-AME)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst. Planner Manager (Referensi: 2011-SDC-VIII-APM)
Lokasi: Jakarta / Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Asst Mgr SU Keuangan (Referensi: 2011-SDC-VIII-AFM)
Lokasi: Cikarang / Rungkut | Closing date: 30 Nov 2011
Langganan:
Postingan (Atom)