Rabu, 23 Maret 2011

DYING TO DRINK

SAAT INI, ALKOHOL SUDAH BERUBAH MENJADI SALAH SATU MINUMAN "WAJIB" BUAT PARA REMAJA KETIKA MEREKA DATANG KE SEBUAH PESTA, TANPA KITA SADAR BAHWA EFEK MENGKONSUMSI ALKOHOL LEBIH DARI SEKEDAR KEPALA PUSING DAN MUNTAH-MUNTAH.

*nothing fun about it-be aware of vodka, semua alkohol pada dasarnya memiliki dampak buruk terhadap sistem saraf pusat dalam tunuh yang kita miliki. zat-zat yang terdapat di dalam alkohol menyerang jantung, lambung, otot-otot, otak hingga kesuburan. Tapi, satu jenis minuman yang seringkali dianggap "tidak terlalu" berbahaya adalah vodka. Menurut mitos yang beredar, vodka tidak memiliki kandungan kalori. Faktanya? Salah satu botol vodka dipercaya memikiki 2200 kalori, jumlah yang bahkan jauh diatas rata-rata jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi. Sebotol vodka sama dengan 22 gelas bir ukuran sedang.

*the hard facts are scary but true!
1. alkohol termasuk dalam tiga besar penyebab kematian remaja usi 14-17 tahun diseluruh dunia
2. setiap minggunya, satu remaja dipastikan tewas karena alkohol dan lebih dr 60 remaja dirawat dirumah sakit setiap minggunya
3. pada periode 2000-an terdapat kenaikan sejumlah 40% remaja peminum alkohol
4. orangtua yang senang mengkonsumsi alkohol akan memiliki anak yang cenderung juga menyukai alkohol
5. penyebab nomer satu kecelakaan berkendara yang melibatkan para remaja dipastikan karena pengendara mengkonsumsi alkohol

Senin, 14 Maret 2011

MENGAPA?

Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh di Jari Manis??

Ikuti langkah berikut ini, Tuhan benar2 membuat keajaiban (ini berasal dari kutipan Cina)

1. Pertama, tunjukkan telapak tangan anda, jari tengah ditekuk ke dalam (lihat gambar)

2. Kemudian, 4 jari yang lain pertemukan ujungnya.

3. Permainan dimulai , 5 pasang jari tetapi hanya 1 pasang yang tidak terpisahkan…

4. Cobalah membuka ibu jari anda, ibu jari menwakili orang tua, ibu jari bisa dibuka karena semua manusia mengalami sakit dan mati. Dengan demikian orang tua kita akan meninggalkan kita suatu hari nanti.

5. Tutup kembali ibu jari anda, kemudian buka jari telunjuk anda, jari telunjuk mewakili kakak dan adik anda, mereke memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka juga akan meninggalkan kita.

6. sekarang tutup kembali jari telunjuk anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak2. cepat atau lambat anak2 juga akan meninggalkan kita krn hrs berkeluarga sendiri.

7. selanjutnya, tutup jari kelingking anda, bukalah jari manis anda tempat dimana kita menaruh cincin perkimpoian anda, anda akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri, selama hidup anda dan pasangan anda akan terus melekat satu sama lain.

Kamis, 10 Maret 2011

SUMMER HOLIDAY IN JAPAN

Di negara - negara yang memiliki 4 musim, setiap musim memiliki makna tersendiri. Seperti halnya di Jepang setiap musim mempengaruhi festival seperti apa yang akan diadakan, atau baju warna apa yang akan cocok untuk dipakai.

Musim panas adalah salah satu saat dimana murid - murid sekolah Jepang berlibur. Dibandingkan libur musim dingin atau musim semi, mereka cenderung lebih menikmati libur musim panas, terutama karena waktu libur lebih panjang kecuali di daerah dingin seperti Hokkaido yang liburan musim dinginnya lebih panjang dari musim panas.

Libur musim panas di Jepang berbeda - beda tergantung daerahnya, biasanya berlangsung antara tanggal 18 Juli sampai 31 Agustus, dan berlangsung selama kurang lebih 40 hari. Musim panas di Jepang diawali dengan musim hujan. Setelah hujan berakhir, musim panas di Jepang terasa panas dan lembab. Namun itu tidak membuat orang Jepang mendekam di dalam rumah. Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan di liburan musim panas. Biasanya liburan ini adalah kesempatan bagi masyarakat Jepang untuk mudik ke kampung halaman mereka., bertamasya atau melakukan kerja sambilan. Biasanya anak - anak mengisi liburan musim panas dengan bertamasya bersama keluarganya, atau mengikuti kegiatan dari sekolah seperti darmawisata ke pantai atau camping ke gunung. Saat itu juga digunakan klub ekstrakurikuler di sekolah untuk mengadakan turnamen olahraga besar atau acara menginap bersama.

Karena liburan musim panas biasanya diadakan pada masa antara semester pertama dan kedua di sekolah, maka murid - murid sekolah di Jepang biasanya diberi PR yang banyak untuk mengisi kegiatan mereka selama musim panas dan agar mereka tidak melupakan pelajaran yang diajarkan di semester pertama.

Tidak semua murid dapat menghabiskan liburan musim panasnya dengan bermain-main, bagi beberapa murid - murid SD, SMP dan SMA yang menghadapi ujian masuk ke sekolah lanjutan, liburan musim panas adalah waktu mereka untuk belajar. Liburan musim panas juga merupakan kesempatan untuk mengadakan festival di bulan Juli dan Agustus, dimana orang Jepang berkumpul bersama kerabatnya.

Rabu, 09 Maret 2011

ROKURO KUBI (Wanita Berleher Panjang)

BUNRAKU ( Japanese Traditional Puppet Theatre )

Sama seperti halnya kesenian tradisional wayang golek yang mulai ditinggalkan kaum muda, kesenian bunraku di Jepang pun sedang berusaha keras agar tak hilang tergerus zaman. Definisi bunraku sendiri adalah sandiwara boneka tradisional yang berasal dari Jepang.

Bunraku pertama kali diperkenalkan di Osaka pada tahun 1684. Kesenian ini kadang juga disebut dengan ningyo joururi. Kesenian ini tercipta dari perpaduan sandiwara boneka dan musik shamisen pada awal zaman Edo. Kepala boneka yang digunakan dalam bunraku ada bermacam-macam, laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, dengan berbagai macam karakter, pekerjaan dan status sosial. Sebagian kepala boneka tersebut ada yang mampu berganti peran secara fleksibel hanya dengan mengganti wig yang dikenakannya. Wig yang terbuat dari rambut manusia yang dicampur bulu binatang tersebut direkatkan ke bagian kepala dengan perekat yang terbuat dari air dan lilin lebah agar mudah dilepas. Badan boneka pun dipakaikan pakaian yang disesuaikan dengan peran wanita bangsawan, maka boneka tersebut didandani dengan kimono lengkap mulai dari jubah, mantel, mantel luar, dan obi yang semarak.

Senin, 07 Maret 2011

SOAL BERHITUNG ACAK







Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang game Soal Berhitung Acak, game ini sangat mudah untuk memainkannya, karena game ini terdiri dari soal matematika yaitu pertambahan, perkalian, pembagian dan pengurangan yang akan mengasah otak kita dalam berpikir. Setiap memulai permainan, telah disediakan 10 soal hitungan acak dan setiap jawaban yang benar bernilai 10, jika jawaban salah akan bernilai nol (nilai tidak bertambah). Tombol cek untuk mengecek jawaban yang kita tuliskan benar apa tidak, setelah mengerjakan semua soal, nilai total score akan ditampilkan dan tombol "ulangi" untuk mencoba permainan lagi.

Kamis, 24 Februari 2011

CARA KERJA MONITOR

Setiap hari kita nonton acara kesayangandi televisi, atau mungkin bermain game dengan konsol PS, dan mengetik tugas pelajaran sekolah dengan komputer. Semua kegiatan tersebut mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan peranti display visual, seperti TV dan monitor komputer.

Pernah nggak kebayang gimana sih cara kerja benda ini? Koq bisa menghasilkan gambar dengan beragam objek dalam ribuan warna-warni hanya dalam sebuah kotak ajaib bernama TV/monitor?

Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, nggak ada bedanya dengan televisi. Yang pasti, kalo menggunakan monitor, Belia pastinya udah kenal dengan istilah resolusi. Misalnya monitor Belia memiliki resolusi 1024x846, nah angka-angka tersebut mewakili jumlah pixel yang dapat ditampilkan di layar. Pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.

Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.

Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.

Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.

Teorinya, untuk membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar, dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya Belia dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atawa monitor.

Pada masa awal-awal kelahira nteknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang Belia tahu, TV zaman baheula belumlah sekeren dan secanggih sekarang, eh maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.

Dulu, lapisan yang berpendar dalam tabung gambar kualitasnya nggak sebaik sekarang. Jadi kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak seoptimal sekarang. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang membutuhkan kualitas TV dan monitor tabung yang lebih baik, untungnya kualitas lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik.

Hasilnya diperoleh tabung gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi. Wajar aja, soalnya komputer banyak berurusan dengan text, dan itu membutuhkan detil gambar yang tinggi.

Sayangnya, teknologi monitor dengan tabung CRT ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi tabung.

Tapi manusia menemukan teknologi baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat tampilan visual. Yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display), yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan bobot peranti display monitor. Selain itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut akrab bagi kesehatan penggunanya.


http://tugasgw.wordpress.com/2009/07/11/cara-kerja-monitor-dan-tv-tabung/
http://valenarea.blogspot.com/2007/11/cara-kerja-monitor-output-device.html
http://chairumaninformatika.wordpress.com/2009/10/15/cara-kerja-monitor/