Bikin durian pake Blender
Modelling
Pertama-tama kita buka program Blender sehingga muncul tampilan seperti berikut:
Seperti kita lihat di atas adalah UI (user interface = antarmuka) program Blender dengan sebuah objek Box di tengah. Jika program anda memiliki skema atau warna tampilan sedikit berbeda tidak perlu khawatir, karena ini hanya perbedaan skema warna (color theme) saja.
Kemudian tekanX (del) dan klik erase untuk menghapus objek box yang ada di tengah. Sebelum melanjutkan pastikan view atau pandangan anda pada posisiTo p (atas), jika belum, tekan tombolN um 7 untuk kembali ke Top view kemudian tekanspace dan pilih
Add > Mesh > UVsphere dan pilih segments 15 dan rings 15. Sekarang muncul bola
dengan jumlah lintang dan bujur masing-masing 15. Perhatikan, objek yang dibuat akan selalu muncul tepat di tengah-tengah 3d cursor (lingkaran berwarna merah-putih di tengah layar. Jika cursor dipindah ke tempat lain maka objek yang akan dibuat selalu muncul pada cursor.
Dalam kondisi terpilih semua tekanW lalu piih Subdivide Multi Fractal, Number of Cuts 2,
Rand Factor sekitar 15 - 20. Sekarang tiap garis (edges) yang ada telah terbagi jadi 3
secara acak. Pilih 5 dari garis bujur yang ada sehingga bola terbagi 5 dengan derajat sama seperti gambar ± 72ยบ, untuk mempermudah tahanAl t sambil menekan tombol mouse kanan (RM) sehinga terpilih satu garis bujur lalu sambil menekanshift pilih lagi garis yang lain (sambil tetap menekanAl t juga). Jika terjadi kesalahan bisa diulangi dengan menekanU (undo) atauA untuk batal memilih / deselect. Teruskan hingga terpilih kelima jari-jari tersebut.
Tips: Blender secara default menggunakan tombol mouse kanan (RM) untuk melakukan seleksi, untuk
merubah menjadi tombol kiri (LM) caranya adalah dengan menggeser jendela User Preferences (yang ada di atas) ke bawah lalu klik pada tab View & Control hingga muncul berbagai opsi. Pada bagian Select With: pilih Left Button.
Perhatikan langkah berikut dengan cermat, terutama bagi pemula. Karena buah durian terdiri atas 5 bagian kita akan memodifikasi bentuknya sedikit. TekanO untuk mengaktifkan proportional editing, kemudian tekanS dan geser mouse ke dalam tapi jangan klik mouse. Putar scroll wheel mouse ke bawah selagi merubah ukuran ini sehingga lingkaran di tengah kursor mouse mengecil hingga 1/5 ukuran bola, ini untuk merubah faktor proporsi ukuran terhadap vertex lainnya. Sekarang geser mouse sehingga ukuran dengan skala 0,8 dan klik. Sekarang bentuk objek sudah lebih proporsional.
TekanA untuk deselect, lalu tekan lagi untuk memilih semua (select all). Ini trik "ajaibnya". Sekarang tekanE untuk extrude keluar dan pilih only vertice dan tekanEsc. Akan terlihat banyak vertice yang terpilih di sekitar objek. TekanO untuk mematikanproportional
editing. TekanS dan perbesar vertice tadi dengan skala 1,3. Sekarang mulai terlihat
banyak duri-duri tipis yang mencuat.
Tips: Vertice = vertex (adalah bentuk jamak dari kata vertex).
Kembali ke objek mode (Tab). Lihat pada Buttons Window lalu pilih Add modifier >
Subsurf. Nah, sekarang garis tipis tersebut terlihat seperti duri betulan kan? Kalau
bentuknya masih kasar, itu disebabkan level subsurf adalah 1, ini tidak jadi masalah karena render level subsurf secara default adalah 2, yang akan membuat bentuk lebih halus saat dirender. Cobalah merender dengan menekanF12.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar