Jumat, 23 April 2010

Permainan Tebak Angka

Suatu hari ketika aku berkumpul & bermain bersama anak-anaku (si ganteng Haekal, si cakep Abik, si cantik Yazka, dan si lucu Amas). Aku suguhkan suatu permainan tebak angka, dimana anak diminta memikirkan suatu angka untuk kemudian kita menebak nilai angka yang dipikirkan tersebut. Aku ingat permainan ini ketika dulu waktu istirahat sekolah MADIN bersama Tarno (gimana kabar ya orang itu sekarang). Permainan ini mengenalkan konsep variable kepada si anak, juga melatih daya imajinasi serta ketrampilan berhitung.

Anak-anaku terheran-heran kenapa aku selalu saja bisa menebak nilai suatu angka yang ada dibenak/pikiran mereka. Tentu saja si Amas (2th) belum ngerti benar apa maksudnya, dia hanya senyum-senyum aja sekali-kali ikut”an ketawa kalau yang lain sedang ketawa. Begini ceritanya:

* Mula-mula anak diminta mimikirkan suatu angka (bilang aja simpan dalam hati) tanpa harus memberitahukan kepada kita. Nah angka inilah yang merupakan variable (misal x).
* Kemudian minta anak tsb mengalikan angka tsb dg suatu nilai tertentu (misal 2, jadi skrg kita tahu nilainya 2x)
* Berikutnya minta mereka menambah hasilnya tadi dengan nilai yg dalam hati mereka. (Dari sini kita tau nilainya 3x)
* Minta dibagi dengan angka yg dalam hati. (hahaha..skrg kita dapat nilai 3)
* Minta tambahkan dg suatu angka (misal 2, jadi nilai sekarang 5)
* Kasih tau tebakan anda

Cobakan ke anak-anak anda, mereka akan senang.. Juga setelah mereka tau kunci/caranya, mereka akan bangga memamerkan ke temen-temen mereka.

Operasi-operasi aritmatikanya sendiri (*, /, +, -) bisa dikombinasikan sendiri.

Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar