Kamis, 11 Maret 2010

kenapa Tuhan menciptakan manusia

Kenapa Tuhan menciptakan manusia? Tuhan telah menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk syaiton dan malaikat. Lalu tuhan menciptakan juga manusia, yang kurang lebih merupakan perpaduan antara syaiton dan malaikat, yaitu manusia punya sisi jahat dan juga punya sisi baik. Lalu Tuhan menerapkan peraturan ttg mana yg boleh dan mana yang tidak bolah dilakukan oleh manusia, tindakan mana yg mendapat pahala dan mana yg mendapat dosa. Apabila di akhirat nanti manusia memiliki pahala yg jauh lebih besar daripada dosanya, maka ia berhak masuk ke dalam sorga, jika sebaliknya maka neraka akan melumatnya habis2. Kenapa Tuhan melakukan itu? Kenapa Tuhan menciptakan manusia, sehingga manusia memiliki risiko masuk neraka dan memperoleh penderitaan abadi selama2nya? Bukankah Tuhan tetap Maha Agung tanpa atau dengan adanya manusia, sebab KeAgungan Tuhan tiadalah terbatas? Andaikan manusia tidak diciptakan bukankah manusia tidak memiliki risiko masuk neraka dan Tuhan tidak pula terkurangi Ke Maha AgunganNya? Saya yakin Tuhan melakukan itu bukan karena iseng, melainkan ada alasannya. Ada yg bilang Tuhan menciptakan manusia sesungguhnya karena Kasih SayangNya belaka. Saya cukup terbantu dengan jawaban itu, tapi tetap belum memuaskan karena setelah itu tidak ada kupasan apa2 yang lebih mendalam. Ada yg bilang, Tuhan menciptakan manusia agar manusia beribadah hanya kepadaNya. Jawaban inipun cukup berarti bagi saya, namun saya merasa itu belumlah menjawab seluruh pertanyaan saya. Kewajiban beribadah itu sesungguhnya adalah misi yang harus diemban oleh manusia> Tapi tetap saja menimbulkan pertanyaan : "Mengapa manusia diciptakan lalu disuruh beribadah kepadaNya?". Saya mohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, jika pertanyaan ini tak pantas diajukan. Namun, saya yakin hal ini pantas dikemukakan, sebab tidak memasuki daerah wilayah pertanyaan yang mempertanyakan atau bahkan meragukan Zat Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Esa terhadap segala sesuatu.

1 komentar:

  1. http://www.cahayapengharapan.org/khotbah/pengenalan_injil/texts/mengapa_allah_menciptakan_manusia.htm

    BalasHapus